Dukung Han Pangan, Babinsa Koramil 420-04/Sarolangun Bantu Petani Tanam Sayur -->

Advertisement

Dukung Han Pangan, Babinsa Koramil 420-04/Sarolangun Bantu Petani Tanam Sayur

Iwan
Monday, September 21, 2020


 

Newsportal.id, Sarolangun - Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, Kodim 0420/Sarko melalui Babinsa Serda Aan Satria,melaksanakan kegiatan produktif pertanian berupa budi daya tanam sayuran, di kelompok tani (Poktan) Bungo sindai Kelurahan Sukasari, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun. Minggu (20/09)


Ditengah pandemi COVID–19 ini, pertanian telah terbukti menyumbangkan pangan masyarakat dalam menghadapi kondisi yang tidak menentu saat ini,upaya lainnya adalah dengan melakukan edukasi serta mendorong petani dan masyarakat pertanian,agar kembali bercocok tanam di lahan teknis atau dengan memanfaatkan lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya.


Hal inilah yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Sukasari, Serda Aan satria dalam membantu petani mengolah lahan yang akan di tanam sayur mayur di Kelurahan binaannya,kelurahan Sukasari adalah wilayah yang subur membuat sebagian besar warga membudidayakan tanaman sayuran di lahan teknis, selain untuk dikonsumsi, juga dijual ke pasar,tanaman sayur yang banyak ditanam diantaranya bayam,kangkung,sawi dan kacang panjang.


"Sesuai instruksi pimpinan, kami mengajak masyarakat di Kelurahan Sukasari untuk memanfaatkan lahan kosong agar ditanami sayuran. Ini juga kami lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan ketersediaan pangan ditengah pandemi covid-19 saat ini.


Ditengah pandemi COVID–19, permintaan sayur hidroponik meningkat tajam. Petani pun terpicu untuk memproduksi lebih banyak dengan menambah lahan tanam yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya sayur mayur. Imunitas tubuh menjadi kunci yang sangat vital dalam melawan covid – 19 pada saat sekarang ini.


Serda Aan satria berharap agar petani dan masyarakat binaan nya bisa mandiri dalam menghadapi kondisi sosial dengan adanya pandemi virus COVID-19  ini. Dengan program yang langsung dapat dalam menopang ekonomi petani dan masyarakat.