Gandeng Pomdam II/Swj, Kodim 0420/Sarko Buat SIM Kolektif -->

Advertisement

Gandeng Pomdam II/Swj, Kodim 0420/Sarko Buat SIM Kolektif

Iwan
Wednesday, November 11, 2020


 

NEWSPORTALID, MERANGIN - Upaya satuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas dikalangan prajurit TNI, Kodim 0420/Sarko gandeng Pomdam II/Sriwijaya dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) TNI secara kolektif yang digelar di Makodim 0420/Sarko Kabupaten Merangin.Selasa (10/11/2020).

Tim dari Pomdam II/Sriwijaya yang diturunkan sebanyak 4 orang personil yaitu 2 orang dari Pomdam II/Sriwijaya dan 2 orang personil dari Subdenpom Persiapan Sarko yang dipimpin Dansubpom Persiapan Sarko Lettu Cpm Nabawi.

Dandim 0420/Sarko melalui Pasipers Kapten Inf Riyakudu mengatakan pembuatan SIM TNI tersebut sebagai upaya dari satuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas dikalangan prajurit TNI jajaran Kodim 0420/Sarko, juga untuk melengkapi kelengkapan administrasi kedaraan bermotor.

“Dimasa pandemi virus covid-19, kita fasilitasi  anggota TNI khususnya Kodim 0420/Sarko untuk melakukan pembuatan SIM TNI dengan menghadirkan Tim dari Pomdam II/Sriwijaya ke wilayah kita guna mempermudah anggota dalam membuat SIM dan hal ini perlu kita lakukan agar tidak terjadi pelanggaran lalu lintas dikemudian hari,” kata Riyakudu.

Terpisah Lettu Cpm Nabawi mengatakan, mengingat saat ini massa pandemi virus covid-19, Pomdam II/Sriwijaya memberikan kemudahan bagi pengendara kendaraan dinas untuk melengkapi kelengkapan administrasi bagi prajurit TNI.

“Selain itu kegiatan ini bertujuan juga untuk meminimalisir bahkan meniadakan pelanggaran anggota TNI apabila dilaksanakan Operasi Penegakan Disiplin dan Tata Tertib (Gaktib) Gabungan. Dimana jika seorang anggota TNI dan tidak memiliki SIM TNI maka akan kami kenakan sanksi tilang dan pelanggarannya akan dilimpahkan ke Mahkamah Militer,” tegas  Nabawi.

Dari hasil data personil Kodim 0420/Sarko yang membuat SIM TNI wilayah Sarolangun bertempat di Subdenpom Persiapan Sarko pada hari Senin (9/11), jumlah personil yang membuat 35 orang dan sejumlah SIM TNI yang dikeluarkan sebanyak 42 lembar  dengan rincian SIM A 8 lembar dan SIM C 34 lembar.

Sedangkan untuk hari ini Selasa (10/11) di Makodim, personil yang membuat 90 orang dengan sejumlah SIM TNI yang dikeluarkan109 lembar dengan rincian SIM A 19 lembar dan SIM C 85 lembar dan SIM B1 5 lembar.

Selama pembuatan SIM TNI tersebut, terpantau prajurit tetap mematuhi protokol kesehatan seperti dengan menggungakan masker dan tetap menjaga jarak, kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan sukses.(mcdim0420sarko).