author photo
Mahasiswa saat unras (9/3/2018)
NEWSPORTAL.ID - Pemuda jambi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jambi Peduli Lingkungan, Kemarin (9/3) menggelar aksi unjukrasa di kantor Gubernur Jambi. Dalam tuntutannya, Mahasiswa minta kepada gubernur mencopot kadis perhubungan karena dinilai tidak tegas menertibkan angkutan batubara sesuai waktu pengangkutan yang sudah ditetapkan.

Hal demikian disampaikan Habibi salah seorang mahasiswa yang turun aksi ketika di konfirmasi newsportal (10/3/2018).

“Karena tidak tegas menjalankan pergub no 8 tahun 2017 tentang waktu pengangkutan batubara,”ujarnya.

Mahasiswa juga mendesak Pemprov dan DPRD agar mengkaji ulang seluruh izin perusahaan batubara.

Sebab, Menurut aktivis HMI ini, lubang paska tambang di beberapa daerah masih dibiarkan mengangga padahal sesuai aturan harus ditutup kembali.

Untuk itu, lanjut mahasiswa ini, Gubernur juga diminta menghentikan sementara aktifitas batubara sesuai dengan undang-undang No 4 tahun 2009 pasal 151 poin 2 tentang sanksi adminitrasi.

Dan meminta perusahaan agar mengganti rugi kepada masyarakat yang terkena langsung dampak negatif lingkungan atas pertambangan ini. 

Sebagaimana diketahui, Aksi mahasiswa kemarin tak berhasil bertemu langsung dengan Gubernur Jambi, Zumi Zola. Mahasiswa hanya ditemui oleh Apani, Asisten I Setda Provinsi Jambi.

Saat menjumpai Mahasiswa, Apani mengaku akan menyampaikan semua tuntutan mahasiswa kepada Gubernur Jambi, "Kalau ada data sampaikan ke kami agar bisa ditindaklanjuti, begitu juga rencana ingin mediasi jika ingin di mediasi”pungkasnya.

Menyikapi hal itu, Aliansi Mahasiswa Jambi Peduli Lingkungan mengaku kecewa. “Tidak ada hasil, Gubernur tidak menemui kita. Pergub batubara telah dicabut, kita akan mendorong pemerintah segera membuat peraturan baru untuk ketertiban angkutan batubara,”pungkas Habibi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
HUKRIM (553) NEWS (358) SOROT (246) OPINI (101) KERJA (61) WARKOM (57) ARENA (55) WISBUD (20) LENSA (11) JEJAK (9) SENI (9) EDUKASI (4) EKOBIS (4) POLITIK (3) KREATIF (2)