Total Kebun Kopi di Jambi 120 Ribu Hektar Tapi Sebagian Besar Dalam Kawasan

Total Kebun Kopi di Jambi 120 Ribu Hektar Tapi Sebagian Besar Dalam Kawasan

Sunday, January 7, 2018, January 07, 2018
NEWSPORTAL.ID - Agusrijal, Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jambi menyebutkan bahwa luas lahan perkebunan kopi yang tersebar di daerah Jambi mencapai 26 ribu hektare dengan varietas berbeda diluar kawasan hutan. 

Menurut Kadis, Saat ini rata-rata produksi kopi di Jambi berkisar 600-800 kg perhektar/tahunnya dan masih ada beberapa kelompok tani yang bisa menghasilkan produksi kopi lebih dari jumlah tersebut.

"Yang terdata di luar kawasan hutan, luas lahan perkebunan kopi di Jambi sekitar 26 ribu hektare dengan varietas mulai Arabika, Robusta dan jenis Liberika," kata Agusrizal di Jambi, Minggu.

Provinsi Jambi merupakan satu-satunya provinsi yang memiliki tiga varian kopi yang berbeda. Yaitu jenis Arabika di Kerinci dan Sungaipenuh, Robusta di Merangin dan Kopi jenis Liberika di Tungkal.

Ia mengatakan, luas lahan perkebunan kopi yang terdata tersebut berada di luar kawasan hutan. Sedangkan secara total perkebunan kopi yang termasuk di dalam kawasan hutan mencapai 120 ribu hektare.

"Tapi yang kita intervensi hanya di luar kawasan hutan, yakni di Kerinci, Sungaipenuh, Merangin, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur," katanya.

Pemerintah Provinsi Jambi kata dia, akan membantu peningkatan produksi komoditas kopi melalui program pendanaan dan bantuan sehingga dapat meningkatkan produktifitas kopi dan mampu memenuhi permintaan pasar.

Program bantuan tersebut diantaranya seperti bibit dan pemberdayaan proses pascapanen petani untuk meningkatkan standar kualitas kopi sehingga dapat menembus pasar ekspor.

"Bantuan tersebut berasal dari intervensi APBD Provinsi Jambi dan juga APBN. Kriteria yang kita dorong petani untuk mendapatkan bantuan ini adalah petani swadaya," katanya (P03/ImageNET)


Sumber Antara

TerPopuler