Hadapi Asean Games 2018, Kodim 0416/Bute Antisipasi Karhutla

Hadapi Asean Games 2018, Kodim 0416/Bute Antisipasi Karhutla

Thursday, April 26, 2018, April 26, 2018
NEWSPORTAL.id - Kodim 0416/Bute melalui
Danramil 416-05/mt Kapten Inf nf Zulkarnaini bersama Ka Ops Manggala Agni, Kamis (26/04/2018), gelar kordinasi pecegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Ma Koramil 0416-95 Muara Tebo.

Kordinasi ini dilakukan untuk antisipasi musim panas yang diperkirakan pada bulan Mei 2018 mendatang. "Ini kita lakukan untuk antisipasi masyarakat agar tidak membuka kebun dengan cara dibakar, “ujar Kpt Inf Zulkarnaini di Ma Koramil 416-05 Muara Tebo.

Membuka lahan atau kebun dengan cara dibakar, tegas Kpt Inf Zulkarnaini, adalah tindak yang sangat dilarang dan bisa dikenakan sanksi pidana. Pasalnya, asap dari hasil pembakaran tersebut mencemari udara. “Pencemaran udara termasuk kejahatan lingkungan. Dampaknya sangat mengancam kesehatan, “kata Danramil lagi.

Dijelaskannya, tahun 2018 Asean Games bakal dilaksanakan di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Selatan (Palembang).


Untuk menghadapi potensi ancaman karhutla yang akan terjadi pada Asian Gmaes nanti, Koramil 416-05 Muara Tebo bersama Mangala Agni telah menyusun langkah dan strategi diantaranya, mendirikan posko di daerah rawan kebakaran dan melaksanakan patroli rutin

Tidak itu saja, kesatuan loreng hijau ini juga akan gencar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan dan bahaya karhutla.

“Jangan sampai gara-gara Karhutla kesehatan kita semua terganggu dan pelaksanaan Asean Games juga ikut terganggu, “kata dia.

Untuk itu, Kpt Inf Zulkarnaini mengajak semua lampisan masyarakat dan intansi terkait untuk sama-sama mengantisipasi Karhutla. “Mari sama-sama kita jaga lingkungan. Jangan lagi ada yang membuka lahan dengan cara dibakar, “tutupnya. (P01)

TerPopuler