-->

Iklan

Iklan

Dinas Pendidikan Muarojambi Gelar Workshop, Ini Harapan Firdaus

Selasa, 22 November 2022, November 22, 2022 WIB Last Updated 2022-11-22T09:21:39Z

 


NEWSPORTAL.id, Muarojambi -Berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021 kemampuan Literasi dan Numerasi  siswa di kabupaten Muaro Jambi masih rendah. Hal ini sejalan dengan hasil survey oleh PISA di tahun 2018.


Kemampuan Literasi dan Numerasi Indonesia cenderung stagnan dan menduduki peringkat kedua dari bawah. Dari data rapor mutu pendidikan tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Muaro Jambi diperoleh data Literasi Siswa di bawah kompetensi minimum. Data rapor mutu ini menjadi acuan dalam merancang program kedepannya sehingga Literasi dan Numerasi meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas Literasi Guru Sekolah Dasar melalui pelatihan.

Bertitik tolak dari hal tersebut, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi perlu mengadakan workshop peningkatan Literasi Guru yang dalam hal ini guru pada Sekolah Dasar se-Kabupaten Muaro Jambi.

"Tujuan umum gerakan literasi sekolah adalah menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti para peserta didik agar menjadi insan literat sepanjang hidup melalui ekosistem literasi yang dibangun dalam gerakan literasi sekolah, " kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi Firdaus. 

Dari pelaksanaan kegiatan workshop Literasi ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan interpersonal. Mempertajam diri di dalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang dibaca serta mengembangkan kemampuan verbal pendidik yang nantinya akan berimbas pada meningkatnya kemampuan Literasi Peserta Didik.

"Kita berharap output dari workshop ini bisa meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Muaro Jambi ke depannya," kata Firdaus. 




Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas PdK Muaro Jambi M. Sabki menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Literasi ini dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 9 sampai dengan 12 November 2022, bertempat di Hotel Ratu Kota Jambi.

"Para peserta pada kegiatan workshop peningkatan kemampuan Literasi ini adalah Guru Kelas IV (Empat) Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Muaro Jambi," kata  M. Sabki. 

Peserta kegiatan ini sendiri berjumlah 80 orang yang terdiri dari 58 orang Guru Kelas, dan 22 orang Kepala Sekolah yang mewakili setiap Kecamatan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas tentang Penetapan Nama–Nama Peserta Diklat  Peningkatan Kompetensi Literasi Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV Sekolah Dasar Kabupaten Muaro Jambi Tahun.(zan)
Komentar

Tampilkan

Terkini