author photo
NEWSPORTAL.ID - Pengurus DPC FSPTI Kabupaten Merangin Periode 2017-2022 Kemarin resmi dilantik oleh Ketua DPD FSPTI Provinsi Jambi, Donny Pasaribu. 

Selain mengucapkan selamat kepada pengurus DPC yang baru Donny juga mengungkapkan bahwa kedepan akan banyak agenda besar yang perlu dikerjakan oleh pengurus FSPTI ditingkat daerah. 

Untuk itu dirinya berharap kepada seluruh anggota dan mitra kerja, instansi terkait, pemda dan unsur forkompida, bisa bersama-sama bersinergi untuk membangun Kabupaten Merangin yang lebih baik kedepan.

Selanjutnya Donny menjelaskan tentang apa itu FSPTI SPSI. Menurutnya, SPSI adalah induk dari organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia.

“Jadi kalau bapak ibu melihat ada organisasi misalnya FSPTI dan dibelakangnya ada SPSI atau KSPSI, Berarti organisasi tersebut dibawah naungan konfederasi yang namanya SPSI,”ujarnya menjelaskan kepada pengurus dan para undangan yang hadir di acara pelantikan.

Ditambahkannya, Di Indonesia ini ada beberapa konferederasi misalnya SPSI yaitu organisasi yang di lakoninya saat ini. Kemudian ada KSPI, SBSI dan seterusnya, yang mana itu smua bisa dilihat di Dinas Ketenaga Kerjaan atau Nakertrans yang ada di kabupaten dan Provinsi.

“itu semua mitra-mitra kita, tak ada yang harus dipertentangan terhadap itu, mereka juga punya serikat/konfederasi seperti kita, ini nanti buat kawan-kawan lebih hati-hati dilapangan karena berserikat dan berkumpul, berorganisasi, adalah hak sebagai warga negara” kata Dony.

Organisasi ini menurutnya akan lebih banyak berada pada wilayah-wilayah industri, pergudangan, pertokoan, terminal, pasar, dan sebagainya. Tinggal di kordinasikan itu menjadi sebuah bentuk unit-unit kerja agar tidak terlepas dari posisi SPTI dan SPSI itu sendiri.

“Apa yang telah disampaikan Bapak Bupati dalam sambutan tadi mudah-mudahan itu peluang yang bisa ditangkap rekan-rekan sekalian, Saya berharap sinergi ini nanti sifatnya itu adalah dilapangan, Makanya ini selalu bisa dikordinasikan seluruh aktifitas kita dengan organisasi-organisasi setempat, aparat kepolisian dan TNI, bahkan aparatur-aparatur pemerintahan sehingga kita tidak berjalan sendiri,” katanya menambahkan.

Dijelaskannya, Sesuai dengan aturan organisasi SPSI No 01 tahun 2010 disana diuraikan ada 17 organisasi di SPSI termasuk SPTI di dalamnya, kemudian ada serikat pekerja pertanian perkebunan, ada serikat pekerja rokok dan tembakau, makanan dan minuman dan yang lainnya. Tapi yang mengurus bongkar muat dan yang sifatnya pekerja transport itu hanya SPTI, “itulah yang perlu di pahami bersama-sama” ungkap Donny.

Agar tidak terjadi salah kaprah sebab di beberapa tempat untuk bongkar muat di pabrik-pabrik ada yang mengatasnamakan dari koperasi, dari karang taruna, atau bahkan dari unsur pimpinan kepala desa, padahal kalau secara aturan tidaklah demikian.

“Itu adalah ranah kita sehingga bagaimana kita mengkordinasikannya secara baik, di komunikan dengan baik, jangan ada benturan disana-sini dan ini tentunya perlu melibatkan aparat pemerintahan dalam hal ini sektor ketenagakerjaan. Maka dari itu kami berharap dan menghimbau pada rekan-rekan pengurus teruslah membangun hubungan baik dengan dinas tenaga kerja dan itu menurut saya perlu dikordinasikan,”

Hal penting lainnya yang menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus DPC FSTI Merangin adalah mendorong standar upah bongkar muat karena upah bongkar selama ini hanya negosiasi antara pengurus dengan tenaga kerja saja. Kalau di beberapa kabupaten/kota di indonesia ada yang namanya peraturan Bupati. 

Sebagai penutup, Ketua DPD FSPTI Provinsi Jambi ini menekankan kepada pengurus agar segera mendata dan memberikan kartu tanda anggota (KTA) kepada seluruh anggotanya. Mana yang sudah ada dan siap langsung kordinasi dengan provinsi sebab yang menerbitkan KTA adalah DPD FSPTI Provinsi, Sebagai ukuran dan tanggung jawab kepada para pekerja lepas bahwa ada organisasi yang menaunginya.

Terakhir, Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS yang sudah hadir dan memberikan simbolis sebagai bentuk dari jaminan sosial yang sudah diatur oleh negara. Dan ini menurut Donny merupakan terobosan luar biasa yang dilakukan oleh DPC Kabupaten Merangin sebab membangun hubungan dengan BPJS ketenagakerjaan bukanlah sesuatu yang mudah.


“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para pengurus dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bersusah payah melaksanakan deklarasi yang dilakukan pagi ini, dan kepada Pemkab Merangin kami dari FSPTI Provinsi Jambi mengucapkan ribuan terima kasih atas dukungannya dan semoga kehadiran SPTI disini bisa memberikan sumbangsih pembangunan bagi daerah  ini” tutupnya (P03)

SILAHKAN KOMENTAR 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post