-->

Iklan

Iklan

Terkait Hasil Audit Pengunaan DD, Ini Kata Kejari Tebo

NEWSPORTAL.ID
Sabtu, 07 Oktober 2017, Oktober 07, 2017 WIB Last Updated 2017-11-07T14:36:10Z
Rosandi Kasi Intel Kejari Tebo
PORTALTEBO.com – Dari hasil audit Inspektorat Kabupaten Tebo menemukan masalah dalam penggunaan dana desa (DD) diseluruh desa se Kabupaten Tebo. Termuan ini diantaranya anggaran belanja di atas harga pasar dan belum membayar pajak belanja.

Atas temuan itu pun, pihak Inspektoraat telah memberikan warning ke sejumlah desa agar mengembalikan hasil temuan ke khas desa. Hasil audit ini pun sudah dilaporkan oleh pihak Inspektorat ke Bupati Tebo.

Terkait hal ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo merespon positif atas sejumlah temuan ini. Pasalnya hal ini sejalan dengan upaya sosialisasi terhadap penggunaan DD agar tepat sasaran dan sesuai aturan. 

“Kami sifatnya mengedepankan pencegahan dan penyadaran kepala desa agar penggunaan DD sesuai aturan yang ada. Intinya harus berhati-hati,” ujar Rosandi Kasi Intel Kejari Tebo.

Dijelaskannya bahwa peran Kejari sudah dilaksanakan melalui sosialisasi terkait penggunaan dan pengelolaan DD. “Kita berpatokan pada prosedur yang ada dan mengutamakan proses administrasi. Atas temuan yang ada, kita lebih mengendepankan pemeriksaan Inspektorat,” kata Rosandi lagi.

“Silahkan Inspektorat benahi dulu dan disampaikan ke kepala desa. Jika ada rekomendasi harus dipenuhi jika tidak dipenuhi ada kewenangan kita,” tegasnya.


Sejauh ini, kata dia,  pihaknya belum menerima pelimpahan pelaporan dan mengedepankan pencegahan. “Sifatnya memberikan pencerahan jangan sampai melanggar peraturan,” pungkasnya. (p01)
Komentar

Tampilkan

Terkini