-->

Iklan

Iklan

Bupati Masnah Bersama Gubernur Fahrori Hadiri Panen Raya Padi Di Kumpeh Ulu

Senin, 16 Maret 2020, Maret 16, 2020 WIB Last Updated 2020-03-16T09:22:32Z
NEWSPORTAL.id, Muarojambi - Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro menghadiri kegiatan Panen Raya Padi Sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, bersama dengan dinas pertanian dan hortikultura kabupaten Muaro Jambi, yang turut dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar pada Senin pagi (16/03/20).

Panen raya padi pada lahan sawah seluas 50 hektare milik Kelompok Tani Usaha Sepakat desa pudak, yang didukung Dinas pertanian dan hortikultura kabupaten Muaro Jambi, Memiliki Hasil panen rata-rata padi dengan varietas impara 3 yang mencapai 6,4 ton per hektare gabah kering untuk dijadikan bibit padi.

Kegiatan ini diawali dengan pemanenan padi secra simbolis oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Bupati Muaro Jambia Masnah Busyro Bersama pejabat terkait lainnya.

Kehadiran bupati di sambut antusias masyarakat, dan merupakan bentuk keseriusan pemerintah kabupaten Muaro Jambi muarojambi dalam mendorong peningkatan produksi padi sawah kedepannya.
 
Seperti yang di sampaikan Bupati masnah,  padi sawah merupakan salah satu komoditi tanaman pangan terbesar yang ada di kabupaten muarojambi, maka Produksi padi sawah yang dihasilkan setiap tahunnya pun menjadi salah satu pendorong dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan Daerah Kabupaten Muaro Jambi.

"Selain Benih Unggul Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura juga telah menggalakkan pola tanam jajar legowo bagi kelompok tani yang menerima bantuan.  Keunggulan dari pola tanam ini adalah dapat meningkatkan hasil produksi, karena pola tanam ini berimplikasi pada kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman serta kemampuan dalam menjaga kesuburan tanah karena adanya jarak tanam," ujarnya.

Sementara itu, kepala dinas pertanian dan holtikultura kabupaten muarojambi, M.Havis mengatakan, setidaknya ada 50 hektare padi sawah yang panen raya di desa pudak ini, dengan varietas impara 3, Hasil yang diperoleh mencapai 6,4 ton per hektare gabah kering panen yang nantinya dijadikan bibit.

"Dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi Tahun Anggaran 2020, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan membantu para petani padi khususnya, yaitu Benih Padi Sawah Unggul sebanyak 40 Ton di 6 Kecamatan, selain itu untuk menekan tingkat kehilangan hasil panen Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi juga membantu para petani padi yaitu berupa Jaring Burung, Terpal Jemur dan Alat Pasca Panen Tanaman Pangan Lainnya yang bersumber dari dana APBN Pusat," ungkapnya.

Diakhir acara, Bupati Masnah memberikan bantuan secara simbolis berupa alat mesin pertanian dan bantuan bangunan gudang padi atau gabah bagi kelompok tani setempat. pungkasnya(zan)
Komentar

Tampilkan

Terkini